Hukum Ketenagakerjaan Dalam Teori dan Praktik

Hukum ketenagakerjaan atau hukum perburuhan (Labour Law) di Indonesia merupakan bagian dari hukum yang sangat sensitif, politis dan kontroversial. Namun ironisnya, pembelajaran terkait hukum ketenagakerjaan semakin hari semakin terpinggirkan saja. Meskipun belakangan ini hukum ketenagakerjaan terlihat sebagai hukum publik dan administratif, tidak ada salahnya menyingkap sisi lain dari hukum ketenagakerjaan, yaitu sisi hukum privat. Sehingga, hukum ketenagakerjaan juga pantas untuk dipertimbangkan menjadi bagian dari konsentrasi hukum ekonomi atau hukum bisnis (business law).

ISBN 978-602-0872-91-9

Buku ini sangat praktis dipergunakan karena disajikan dalam teori dan praktik. Penjelasan yang hadir dengan bahasa yang ringan, disertai dengan contoh, tabel dan skema diharapkan akan mempermudah pembaca memahami hal-hal seperti: Pengusaha (Orang, Persekutuan, dan Badan Hukum), Perusahaan, Pemberi Kerja, Pekerja, lahirnya hubungan kerja dari Perjanjian Kerja, Perjanjian Alih Daya (Outsourcing), hak-hak normatif Pekerja, PP/PKB, PHK, Perselisihan Hubungan Industrial, tindak pidana di bidang ketenagakerjaan, bahkan juga dijelaskan tehnik perancangan perjanjian, surat ataupun dokumen-dokumen dalam dunia ketenagakerjaan.

Kehadiran buku ini diharapkan akan menjadi pegangan bagi seluruh rekan-rekan Pekerja/Serikat Pekerja di Indonesia yang ingin memahami hak-haknya secara lebih mudah, mendalam dan sesuai Peraturan Perundang-undangan terbaru. Di sisi lain bagi Pengusaha, Legal, Industrial Relation atau HRD di perusahaan, buku ini sangat berguna untuk memahami kewajiban-kewajiban perusahaan serta juga dapat menentukan langkah terbaik dalam menghadapi “oknum” Pekerja yang culas. Disamping itu, bagi Mahasiswa, Akademisi, atau Praktisi hukum, buku ini layak untuk dibaca, karena disamping memahami hukum ketenagakerjaan, pembaca juga akan diingatkan kembali konsep hukum perjanjian, perancangan kontrak, hukum perusahaan, merger, konsolidasi, akuisisi, cabang dan kantor perwakilan, holding company, kepailitan, termasuk juga opsi kepemilikan saham perusahaan oleh Pekerja atau lebih dikenal dengan ESOP (employee stocks option program).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
WhatsApp chat